Membuat foto anda seperti mengeluarkan sinar aura dengan menggunakan Photoshop

esagallery.blogspot.com 

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan Cara membuat foto anda seakan-akan seperti mengeluarkan sinar aura dengan menggunakan adobe photoshop. seperti yang terlihat pada foto dibawah ini. Bagaimana cara membuatnya?
Mudah, kok..!! Seperti biasa langsung aja kita praktekkan.


1. Jalankan program adobe photoshop, lalu buka gambar yang akan kita edit.

2. Buat seleksi pada objek foto yang akan diberi sentuhan sinar aura. Sebaiknya gunakan polygonal lasso tool. (lihat gambar dibawah ini).


3. Setelah seleksi terbentuk, klik menu "Layer" arahkan ke "New" lalu pilih "Layer via copy" lalu beri nama layer 1

4. Selanjutnya buat duplikat layer 1. Caranya klik kanan pada falet layer 1 kemudian pilih "Duplikat Layer". (lihat gambar)



5. Buat seleksi pada objek layer 1. Aktifkan layer 1 dengan mengklik falet layer 1 (lihat gambar dibawah, panah no 1), kemudian untuk mempermudah pembuatan seleksi, hilangkan ikon mata pada falet background dengan mengklik ikon mata tersebut (lihat gambar panah no 2). Selanjutnya pilih "Magic wand tool" untuk membuat seleksi (panah no 3) lalu klikkan pada gambar tepat diarea yang kosong (panah no 4).


6. Selanjutnya balikkan seleksi dengan mengklik menu "Select" lalu pilih "Inverse"


7. Aktipkan lagi ikon mata pada falet background agar gambar background kembali terlihat.


8. Buat radius feather seleksi dengan mengklik "Select" lalu pilih "Feather". Masukkan nilai sementara 15 pada kotak nilai. lalu pilih "Ok"


9. Beri warna untuk pembuatan sinar aura sesuka kamu. Pastikan falet layer 1 yang aktif (lihat gambar panah no 1 dibawah ini), lalu pilih alat untuk mewarnai. sebaiknya gunakan "Paint bucket tool" atau cukup dengan menekan tombol hurup G pada keyboard untuk mengaktifkan tool tersebut. Selanjutnya pada "menu options" ubah menu "Mode" menjadi "Screen" (lihat panah no 3). Nah, sekarang tinggal kamu klikkan "Paint bucket tool" tepat ditengah-tengah seleksi. Lalu lihat hasil feathernya.

Jika hasilnya kurang memuaskan, bisa kamu ulangi lagi langkah ini dengan memasukkan kembali nilai feather seperti tadi, namun sebelumnya kamu harus membatalkan dulu dua perintah paint bucket dan feather. Caranya klik menu "Edit" lalu pilih "Undo", kemudian klik lagi menu "Edit" lalu pilih "Step backward". untuk membatalkan perintah ini cukup dengan menahan tombol Ctrl dan Alt kemudian klik hurup Z sebanyak dua kali, kemudian lepaskan ctrl dan alt.

Jika kamu menggunakan "Brush tool" (lihat panah no 2) untuk mewarnai seleksi, sebaiknya klik kiri dan tahan brush tool tepat di area seleksi, lalu sapukan kuas brush hingga merata, kemudian lepaskan klik kiri (lihat panah no 4).

Untuk proses pemberian warna dengan paint bucket atau brush tool, jika satu kali klik proses pewarnaan masih dirasa kurang cukup, kamu bisa menambah klik cukup satu atau dua kali lagi.


10. Jika pewarnaan sudah selesai, hilangkan seleksi untuk melihat hasilnya dengan lebih jelas. klik menu "Select" lalu pilih "Deselect". Atau cukup dengan menekan tombol Ctrl+D.


11. Langkah terakhir, Simpan gambar. klik menu "File" lalu pilih "Save". Jangan lupa gunakan ekstensi JPG JPEG.

12. Selesai, sekarang tinggal lihat file hasil pekerjaan kamu. Selamat mencoba dan semoga berhasil...!!!

2 komentar:

Silahkan tuliskan komentar anda...!!