Serangga terbesar di dunia

Belostomatidae

Belostomatidae adalah keluarga serangga lebih dikenal sebagai "serangga air raksasa" atau "toe-biters." Sebagian besar spesies dalam keluarga Belostomatidae relatif besar (2 cm atau lebih) dengan beberapa yang terbesar, seperti Lethocerus, melebihi 12 cm, dan hampir mencapai dimensi (panjang dan massa) dari beberapa kumbang besar di dunia. 

Semua serangga dalam keluarga Belostomatidae adalah predator, menangkap dan memakan ikan krustasea dan amfibi. Mereka sering berkamuflase dan bergerak di bawah air, melekat pada berbagai objek, di mana mereka menunggu mangsanya untuk mendekat. Mereka kemudian menyerang, menyuntikkan air liur pencernaan dan menghisap cairan mangsanya.

Gigitan mereka dianggap salah satu yang paling menyakitkan dibanding gigitan serangga apapun. Air liurnya dapat mencairkan jaringan otot dan dikabarkan gigitannya dapat mengakibatkan kerusakan permanen pada manusia. 


Kadang-kadang ketika ditemui oleh predator yang lebih besar, seperti manusia, mereka telah dikenal untuk "bermain mati" dan memancarkan cairan dari anus mereka untuk membuat mereka terlihat kurang selera. Akan tetapi Serangga air raksasa merupakan salahsatu makanan yang populer di Thailand. 



Ngengat Atlas
(Atlas Attacus)


ngengat Atlas Dianggap sebagai ngengat terbesar di dunia dalam hal total luas permukaan sayap.  Sayapnya yang lebar seperti memiliki pola peta. ngengat ini ditemukan di hutan tropis dan subtropis Asia Tenggara.

Laba-laba unta raksasa

Tentara Amerika mungkin tidak terlalu mengkhawatir pemberontak dan IED, akan tetapi mereka harus waspada pada laba-laba unta raksasa. Laba-laba unta raksasa di irak telah ditemukan bersembunyi di kantong tidur. Untungnya, laba-laba unta padang pasir raksasa asli Irak ini tidak berbisa. Tapi mereka sangat cepat. Meskipun sebagian besar Laba-laba unta raksasa adalah seukuran kartu kredit, tetapi mereka telah tahu untuk tumbuh lebih besar dari 10 inci, terutama di padang pasir Timur Tengah. 


Foto di atas diambil di daerah padang pasir di luar Baghdad. 2 laba-laba unta berada dalam pertarungan sampai mati. Laba-laba di bagian bawah telah menancapkan taringnya pada tubuh laba-laba di atas. 

Gambar di bawah ini adalah seorang tentara AS ditempatkan di luar Kuwait. Ia digigit oleh Laba-laba unta raksasa saat sedang tidur. Lukanya terinfeksi sehingga dokter tidak bisa menjahitnya. Mereka harus membiarkannya lukanya terbuka dan menyembuhkan dari bagian dalam ke luar. Prajurit yang digigit sekarang memiliki bekas luka seukuran koin satu sen pada sikunya.


Laba-laba unta yang umum di Timur Tengah, tetapi mereka juga dapat ditemukan di barat daya AS dan Meksiko. Panggilan Meksiko Camel Spider matevenados, yang diterjemahkan menjadi "rusa pembunuh". 



Tongkat Berjalan Raksasa


Percaya atau tidak, Banyak orang yang merawat serangga stick ini dikarenakan perawatannya yang cukup mudah dan tidak terlalu sulit.

serangga stick India semuanya berjenis kelamin betina dan mereproduksi sendiri (partenogenesis) dan bereproduksi tanpa pasangan.
Tongkat serangga dapat berganti kulit dan dapat memakan kulit mereka sendiri.




Ratu Alexandra Birdwing
(Alexandrae Ornithoptera)


Ratu Alexandra Birdwing (Ornithoptera alexandrae) adalah kupu-kupu terbesar di dunia. Spesies ini dinamai oleh Lord Walter Rothschild pada tahun 1907, untuk menghormati Ratu Alexandra, istri Raja Edward VII dari Britania Raya. Birdwings betina bisa mencapai lebar sayap sekitar 14 inci, panjang tubuh 3-4 inci dan berat tubuh hingga 1 / 2 ons. Ini semua adalah ukuran besar untuk kupu-kupu dan sebenarnya jauh lebih umum untuk burung kecil. 


Kumbang Goliath

Kumbang Goliath adalah salah satu serangga terberat di Bumi. Mereka ditemukan di Afrika. kumbang dewasa seperti dilapisi baja yang begitu besar sehingga ketika terbang, mereka menghasilkan suara yang serupa dengan sebuah helikopter mainan dalam penerbangan. Mereka adalah pemulung dan makan buah busuk, sayuran dan kotoran hewan di dalam hutan. 




Giant Weta

Weta sangat besar dengan standar serangga. Mereka dapat berbobot lebih dari 70 g, membuat mereka salah satu serangga yang dikenal dan didokumentasikan terberat di dunia. Para Weta Raksasa ini bahkan tidak bisa melompat karena terlalu berat. Weta raksasa dan diklasifikasikan dalam genus Deinacrida, Yunani,  untuk belalang yang mengerikan.Mereka ditemukan terutama di pulau-pulau kecil di lepas pantai pulau utama, Wetas selalu bersembunyi di bawah batu atau puing-puing tanaman. 




Isopod raksasa

Sebenarnya Isopod raksasa bukanlah jenis serangga. akan tetapi lebih cenderung termasuk jenis Crustacea bersama dengan kepiting, udang dan lobster.

Meskipun tidak termasuk pada menu makanan di dunia, akan tetapi di beberapa negara di Asia Timur dapat ditemukan restoran pantai yang menyediakan Isopoda raksasa rebus. 

Meskipun Isopod raksasa adalah makhluk yang hidup didalam laut, mungkin terlihat aneh untuk Anda, karena ternyata sepupu dekat Isopod raksasa adalah kutu kayu yang ukurannya jauh lebih kecil (sekitar 30-30 mm). Kutu kayu biasanya ditemukan di kaya-kayu yang lembab.

Genetis kutu kayu dan Giant Isopoda telah berubah selama lebih dari 160 juta tahun. 


2 komentar:

  1. mantab banget gan referensinya.
    ane pas lagi butuh nih info.
    Sekali lagi thanks banget . :-D

    BalasHapus
  2. ngeri banget serangganya
    ane jadi geli gan

    BalasHapus

Silahkan tuliskan komentar anda...!!