Cara membuat foto bingkai (menambahkan frame) dengan menggunakan adobe photoshop



Bagi kamu yang sudah ahli dalam menggunakan photoshop, mungkin bukan masalah untuk membuat frame pada photo. Tapi bagi yang belum terbiasa menggunakan photoshop akan merasa kesulitan dalam membuatnya. Nah dalam postingan kali ini saya akan memberikan contoh untuk menambahkan frame pada photo dengan menggunakan gambar frame yang sudah jadi agar lebih mudah untuk dimengerti. Dan diharapkan setelah mempelajari tehnik dasar ini kamu akan mengerti tentang cara menambahkan frame dan bisa membuat bahkan bisa lebih berkreasi lagi dengan frame-frame hasil karya kamu.

Langsung saja kita praktek...

1. Untuk mempermudah pembelajaran, silahkan download dulu 2 gambar berikut ini.




2. Jika sudah di simpan gambar diatas, sekarang jalankan program adobe photosop.

3. Klik "File" pilih "Open" lalu Buka kedua gambar diatas tadi.

4. Drag layer gambar foto ke dalam gambar Frame (Bingkai). Caranya, Gunakan Move tool dengan mengklik ikon Move tool atau cukup dengan menekan hurup V pada keyboard. Kemudian klik kiri dan tahan pada gambar foto, lalu arahkan cursor ke arah gambar bingkai lalu lepaskan klik kiri.

Ikon Move tool pada menu toolbox  (Yang diberi tanda lingkaran) 

Gambar Foto setelah ditarik ke gambar frame dengan menggunakan movetool


5. Sekarang perhatikan menu fallet layer. gambar bingkai pada fallet bernama "Layer 0" dan berada dibawah, sedangkan gambar foto bernama "layer 1" berada diatas.
Nah, selanjutnya pindahkan posisi layer 0 agar berada di atas Layer 1. Caranya klik kiri dan tahan pada falet layer 0 kemudian geser ke atas hingga posisi layer berpindah kemudian lepaskan klik kiri.
Maka setelah posisi layer berpindah akan terlihat seperti gambar dibawah ini.

Lihat posisi layer yang sudah diubah ditandai dengan lingkaran biru
Kemudian perhatikan juga gambar foto pada frame setelah posisi layer di ubah.

6. Langkah terakhir, simpan file. Klik menu "File" lalu pilih "Save As" agar gambar frame yang asli tidak hilang dan dapat digunakan lagi lain waktu. Oya jangan lupa setelah memilih "Save As" beri nama baru pada bagian kolom nama, dan dibawah kolom nama gantikan juga Extensi Photoshop (Psd) menjadi JPEG dengan mengklik tanda segitiga di sebelah kiri pada kolom ekstensi.

7. Selesai, dan hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.



Agar latihannya tambah semangat, berikut ini adalah gambar-gambar frame yang sudah jadi berekstensi png, silahkan di download untuk menambah koleksi frame dengan mengklik salah satu gambar, setelah gambar frame terbuka kemudian simpan.

photo 01
photo 02






Jika ingin memperbanyak koleksi frame, kamu bisa mencari di situs-situs yang lain yang menyediakan frame secara gratis, diantaranya www.free-photo-frames.com

Oya, ada sedikit tambahan. Jika kamu memasang frame yang berekstensi JPEG, cara pemasangan pada foto hampir sama seperti cara di atas, namun sebelum melakukan drag layer (Penyeretan foto ke frame) terlebih dahulu gambar framenya dibuat menjadi leyer. Caranya:
Pertama-tama pastikan dulu gambar frame yang aktif, lalu Klik menu "Layer" arahkan ke "New" kemudian pilih "Layer from background".
Selanjutnya buat seleksi dengan menggunakan "Magic wand tool" atau klik tombol hurup W pada keyboard, kemudian klik kan magic wand tool pada gambar frame tepat di area putih yang akan digunakan untuk menyimpan foto.
Kemudian hapuslah warna putih tersebut dengan menggunakan "Erase tool". jika sudah selesai, hilangkan seleksi. (Baca: Cara membuat seleksi)
Untuk langkah selanjutnya, silahkan lanjutkan dengan melakukan drag layer dan seterusnya seperti cara-cara diatas.
Nah selesai sudah tutorial dasar cara menambahkan Frame (Bingkai) pada foto dengan menggunakan photoshop.
mudah-mudahan bermanfaat dan selamat mencoba....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda...!!