Ikan mas Raksasa

Dunia digemparkan dengan kabar ikan mas raksasa yang berhasil dipancing dari sebuah danau di wilayah Prancis. Raphael Biagini adalah pemancing yang berhasil mengail koi carp (sejenis ikan mas) seberat 30 pound.
Ikan mas raksasa itu berwarna oranye terang, walau fotonya berasal dari beberapa bulan lalu, namun berita itu langsung menggemparkan begitu dimuat dalam sebuah artikel di Daily mail. Biagini disebutkan berhasil  memancing cukup banyak ikan giant koi carp (yang mirip ikan mas raksasa)
pada hari keberuntungannya itu. Ia berhasil mendaratkan ikan tersebut, mendokumentasikan dan pose bersama sebelum akhirnya melepasnya kembali ke perairan.
Memang setelah heboh dibicarakan di internet, banyak yang berseru bahwa berita ikan mas raksasa sebesar itu hanya “fake!”, satu tipuan demi popularitas. Namun beberapa ahli ikan justru menyatakan bahwa mungkin saja ada ikan mas sebesar itu.
     Menurut Ken Peterson, direktur komunikasi di Monterey Bay Aquarium, ada kemungkinan bahwa koi carp bisa tumbuh dan hidup sampai berukuran raksasa jika ia punya ruang hidup dan jumlah makanan berlimpah. Ikan jenis ini tidak terukur sampai seberapa besar ia bisa bertumbuh, karena bobot dan ukuran tubuhnya tergantung pada dua faktor pendukung tersebut.
Pakar lain menyebutkan bahwa ikan mas koi memang bisa berkembang jauh lebih besar dari ukuran yang berhasil ditangkap Biagini. John McCosker dari Akademi Ilmu Pengetahuan California menekankan bahwa berdasarkan FishBase.org, koi terbesar yang pernah tercatat bahkan hampir berukuran 90 pound.
     Ikan Mas Raksasa (Giant Carp) ini dulu kerap ditemui di Sungai Mekong bagian Thailand. Ikan berbobot sekitar 600 pon ini merupakan salah satu jenis yang mengalami jumlah penurunan populasi yang drastis di Asia Tenggara.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda...!!