Facebook yang baru jadi sensitif

Facebook sekarang jadi sensitif. Sedikit-sedikit main blokir. Kayaknya lebih baik facebook yang dulu. Simpel dan tidak ribet. Coba bayangkan saja, masak gara-gara mau menambahkan teman dan kita tidak tahu bahwa akun orang yang mau kita jadikan teman ternyata sudah di setting ke hanya orang tertentu yang boleh menjadikan teman. Lalu aku abaikan saja dan mencari teman yang lain, tapi malah akunku yang kena blokir add selama 2 hari. Artinya aku tidak diperbolehkan mengambil teman selama 2 hari. Jika itu dilanggar, maka blokir add ku akan ditambah menjadi 4 hari.

Selain itu, mengganti nama pun tak sebebas facebook yang dulu. Facebook yang baru membatasi jumlah penggantian nama. Jika melebihi dari yang ditentukan, maka penggantian nama pun akan diblokir, sehingga kamu tidak bisa mengganti nama lagi sebebas dulu selain opsi nama yang ditentukan facebook.

Oya, bagi kamu yang suka mengklik like, hati-hati jangan sampai lebih dari 100 like nanti kamu akan kena blokir like juga. Ini pernah dialami oleh temanku di facebook.

Dan yang paling menakutkan buat akun kesayangan kita, pernah suatu hari saudariku mau mengganti email untuk masuk ke facebook. Katanya mesti dikonfirmasi di email. Cuma waktu itu aku tidak mengetahui persis apakah email baru atau yang dulu yang dibuka saudariku. Tapi ketika di cek isi emailnya, ternyata isinya tidak ada link untuk konfirmasi ada juga untuk pembatalan. Lalu setelah link tersebut di klik, muncul pesan bahwa akun telah dicekal untuk keamanan. Dan untuk mengaktifkannya kita harus bisa melewati 6 tahap keamanan. Yang paling sulit ketika kita diajukan foto-foto teman dan kita harus mengetahui siapa teman kita melalui foto-foto tersebut. Bayangkan saja, foto teman kita di facebook kan bermacam-macam. Ada yang asli ada juga yang palsu seperti menggunakan gambar kartun, gambar binatang, gambar artis atau gambar yang benar-benar asing untuk kita ketahui siapa teman kita yang memiliki foto tersebut. Nah jika kita gagal menebak itu gambar siapa, mungkin akun kita bisa kena blokir. Entah buat sementara atau selamanya.

Disamping facebook jadi sensitif itu. Ada kekurangan pada facebook versi mobile. Yaitu pada bookmark group. Facebook yang dulu kita mudah sekali untuk bolak-balik mengunjungi grup-grup yang sudah masuk menjadi anggota. Tinggal klik menu grup, maka muncullah nama-nama grup kita yang kita masuki menjadi anggota grup tersebut. Tapi facebook yang baru tidak demikian. Ketika kita mengklik menu grup, ternyata isinya kosong tidak ada nama-nama grup kita. Akibatnya banyak grup yang terlantar dan sepi pengunjung dikarenakan sistem bookmark yang kurang berfungsi.

Yah andaikan facebook memberikan 2 opsi untuk memilih antara facebook yang dulu dengan yang baru. Aku pasti memilih facebook yang dulu. Praktis dan tidak ribet. Tapi itu pun hanya menurut aku saja dan sipatnya hanya perbandingan dan tidak bermaksud untuk menjelek-jelekkan. Karena tidak sedikit justru orang lebih senang dengan facebook yang sekarang termasuk dengan segala resikonya. Dan itu semua hanya obrolan semata, karena toh kita hanya pengguna, mau tidak mau kita harus mengikuti apa yang disajikan oleh facebook.
Betul... Betul... Betul...!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda...!!