Mengenal cara membuat seleksi pada adobe photoshop

Pada photoshop Area seleksi pada gambar yang akan di edit fungsinya untuk membatasi bagian yang akan mengalami pengeditan dan melindungi bagian yang tidak akan di edit. Dengan menggunakan seleksi pada gambar akan membantu dan mempermudah dalam pengeditan.

Beberapa alat/tool yang bisa kita gunakan untuk membuat area seleksi, diantaranya Marque tool, Lasso tool, Magic wand tool dll.

Sebelum saya terangkan tentang cara membuat seleksi, pertama-tama saya akan bahas tentang ketiga alat ini dulu.

1. Marquee tool, terdiri dari 4 alat:

   a. Rectangular marquee tool, atau seleksi persegi
   b. Elliptical marquee tool atau seleksi lingkaran
   c. single row marquee.tool atau seleksi tunggal horizontal
   d. Single column marquee tool, atau Seleksi tunggal vertikal

   Untuk mengubah tool dari persegi ke lingkaran atau ke yg lainnya, gunakan klik kanan di tanda segitiga pada ikon marquee tool untuk memunculkan pilihan marquee tool.

2. Lasso tool, terdiri dari 3 alat:

   a. Lasso tool
   b. polygonal lasso tool
   c. Magnetic lasso tool

   Sama halnya seperti pada marquee tool, Untuk mengubah tool dari lasso ke polygonal atau ke Magnetic lasso tool, gunakan klik kanan di tanda segitiga pada ikon lasso tool untuk memunculkan pilihan lasso tool.

3. Magic Wand tool, Kalau yang ini merupakan satu alat yang tunggal. namun mempunyai ke istimewaan tersendiri dalam membuat seleksi.



Membuat seleksi dengan Marquee tool.

     Langsung saja kita praktekkan.

1. Klik menu "File" lalu pilih "Open", lalu cari gambar kamu yang akan di edit.

2. Setelah gambar terbuka, Klik kanan di tanda segitiga pada ikon "marquee tool", kemudian pilih "Rectangular marquee tool" (marquee persegi) atau jika pada marquee tool sudah bergambar ikon persegi tinggal langsung dipilih saja.

3. Arahkan panah cursor mouse pada gambar, kemudian klik kiri dan tahan klik kiri (jangan dilepaskan) lalu seret mouse ke arah kanan menurun hingga membentuk area seleksi persegi kemudian lepaskan klik kiri.

4. Atur sesuaikan area, sesuai dengan keinginan kita dengan menggunakan panah kiri, kanan, atas dan bawah pada keyboard, atau membuat ulang seleksi. Untuk menghilangkan seleksi klik menu "Select" lalu pilih "Deselect" atau cukup dengan menekan Ctrl+D pada keyboard.

5. Jika area Seleksi telah terbentuk. Pada seleksi ini area yang mengalami pengeditan yaitu area yang berada pada bagian dalam seleksi persegi dan yang berada diluar seleksi merupakan area yang terlindungi dari pengeditan.

6. Untuk membalikkan area seleksi, klik menu "Select" lalu pilih "Inverse" atau cukup dengan menekan Shift+Ctrl+I pada keyboard. Maka setelah membalikkan area seleksi, area yang mengalami pengeditan yaitu area yang berada pada bagian luar seleksi persegi dan yang berada didalam seleksi merupakan area yang terlindungi dari pengeditan.

7. Untuk mengetes area seleksi ini tinggal klik ikon "Brush tool" pada menu alat, lalu klik persis ditengah garis seleksi antara area yang diedit dan yang terlindungi. Lihat gambar dibawah ini.



8. Sekarang kamu pun bisa mencoba membuat seleksi sendiri dengan marquee tool yang lainnya. Ingat, Untuk mengubah tool dari persegi ke lingkaran atau ke yg lainnya, gunakan klik kanan di tanda segitiga pada ikon marquee tool untuk memunculkan pilihan marquee tool.



Membuat seleksi dengan Lasso tool

1. Lasso tool, Seleksi ini digunakan secara manual seperti halnya kita membuat seleksi dengan menggunakan pensil. pada prakteknya hampir sama seperti diatas, yaitu dengan menahan klik kiri lalu sambil terus menahan klik kiri, arahkan mouse menyusuri tepian area yang akan kita buat menjadi seleksi dan jika kita melepaskan klik kiri pada saat seleksi tidak menyambung kembali titik ke awal seleksi maka otomatis seleksi akan menjadi garis lurus dari titik awal ke titik akhir seleksi.


2. polygonal lasso tool, Cara membuat seleksi dengan polygonal lasso tool yaitu dengan cara menandai dengan klik kiri (jangan di tahan) secara terus menerus menyusuri area yang akan dijadikan seleksi hingga klik terakhir bertemu kembali dengan klik yang awal. Saya ambil satu contoh, misalkan saya akan membuat seleksi pada gambar bintang 6 sudut. maka mulailah mengklik titik awal seleksi paba sudut paling atas, kemudian klik lagi apabila bertemu dengan tiap-tiap sudut sampai bertemu kembali pada sudut yang menjadi awal seleksi. maka Area seleksi pun akan membentuk gambar bintang sesuai dengan yang di inginkan.



3. Magnetic lasso tool, Cara membuat seleksi ini hampir sama dengan polygonal lasso tool, cuma ada sedikit perbadaan, yaitu seleksi ini tidak berbentuk lurus seperti pada polygonal lasso tool dan secara otomatis akan terbentuk menusuri bagian garis yang menjadi pembatas antara 2 warna yang berbeda



Membuat seleksi dengan Magic Wand tool

Seleksi ini lebih praktis untuk membuat area seleksi pada warna- warna tertentu karena seleksi bekerja berdasarkan warna yang akan di seleksi. pada prakeknya, pertama-tama klik ikon magic wand tool pada menu alat (tolbox) lalu klik pada gambar tepat diarea warna tertentu yang akan kamu edit warnanya. Satu contoh yang lebih mudah, Jika membuat seleksi pada gambar bintang tadi diatas, kamu cukup mengklik pada warna hijau atau kuning saja. Maka area seleksi pun akan langsung terbentuk.



     Nah, untuk bagian seleksi saya cukupkan sekian dulu. Postingan ini hanya sekedar perkenalan sekilas tentang seleksi. Untuk membuat seleksi yang lainnya dan untuk mempercepat pembelajaran dalam pengeditan gambar kita langsung saja belajar mengedit foto dengan berbagai tehnik pada postingan yang akan datang.

Semoga bermanfaat...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda...!!