Cara membuat tulisan (teks) pada foto dengan menggunakan adobe photoshop

Menambahkan tulisan pada gambar dengan menggunakan photoshop.

1. Jalankan program photoshop

2. Buka gambar yang akan diberi tulisan

3. Tambahkan layer, dengan mengklik menu "Layer" arahkan ke "new" lalu pilih "Layer".

4. Klik ikon teks pada menu alat (toolbox) yang bergambar hurup T atau dengan mengklik hurup T pada keyboard.

5. Klikkan Cursor pada gambar untuk memulai mengetikkan teks.
Namun sebelumnya kamu atur dulu font atau jenis hurup, ukuran hurup dan warna hurupnya. kamu juga bisa mengatur font, ukuran dan warna hurup setelah kamu mengetik dengan cara memblok tulisan, kemudian atur font, ukuran dan warna hurup.

6. Menggeser posisi teks. jika sekiranya posisi teks belum sesuai dengan yang diinginkan, misalkan posisi teks agak kurang ke tengah, bisa kamu geser dengan menggunakan move tool.
    Caranya, klik ikon move tool pada menu alat atau cukup dengan mengklik tombol hurup V  pada keyboard.
kemudian geser hurup dengan menggunakan tombol arah panah kiri, kanan, atas dan bawah pada keyboard atau bisa juga menggeser dengan cara menggunakan mouse.
    Caranya arahkan cursor tepat pada salah satu hurup pada foto editan kamu, kemudian klik kiri dan tahan lalu geser mouse.

Tambahan:

    dengan menggunakan "move tool" kamu juga bisa mengubah ukuran hurup dengan sebebas-bebasnya. caranya: setelah kamu klik ikon move tool, beri tanda centang pada kotak kecil yang bertuliskan "Show bounding Box" yang terletak pada menu options dibawah menu bar (menu utama).
    Perhatikan, setelah di centang maka tulisan pada gambar kamu akan tampak titik-titik border persegi mengelili tulisan kamu. Oya, kalau bordernya tidak muncul, klik menu "View" lalu pilih "Extras".
Jika bordernya sudah muncul, selanjutnya perhatikan kotak kecil pada border di setiap sisi dan dudut border.
Untuk mengubah ukuran tulisan kamu, klik kiri dan tahan klik kiri tepat di kotak kecil pada salahsatu sisi atau sudut border, kemudian geser mouse ke arah luar teks untuk memperbesar dan ke arah dalam teks untuk memperkecil. Setelah ukuran dirasa cukup, klik kembali pada ikon "Move tool", lalu akan muncul pilihan, selanjutnya pilih "Apply" untuk menerapkan hasil ukuran atau pilih "Cancel" untuk melanjutkan mengubah lagi ukuran dan pilih "Dont aplly" untuk membatalkan mengubah ukuran dan kembali ke ukuran semula.

7. Beri efek style pada tulisan.
Caranya, klik menu "layer" arahkan ke "Layer style" kemudian pilih misalnya "Drop shadow". Setelah dipilih maka akan muncul menu options style. Jika drop shadow pada preview foto masih kurang cocok dengan yang diinginkan, kamu bisa atur ulang dengan memasukkan nilai yang diinginkan atau dengan menggeser-geser di bawah kolom nilai pada kotak menu tersebut.
Untuk menambahkan style yang lain nya, centang saja nama style yang diinginkan pada menu style tersebut yang berada di sisi kiri menu. ada berbagai pilihan style diantaranya inner shadow, bevel embos dan lain-lain.
setelah dirasa cukup, pilih "OK".

Tambahan:

Kamu juga bisa memberikan efek-efek yang lainnya untuk teks kamu dengan memilih efek pada menu "Filter". Namun jika kamu memilih efek pada menu filter, sebaiknya periksa dulu, apakah susunan kata dan hurupnya sudah benar atau belum? karena untuk selanjutnya teks kamu tidak akan dikategorikan lagi sebagai teks, tetapi akan dikategorikan sebagai gambar biasa. artinya teks yang kamu buat tidak bisa lagi di edit dengan menggunakan text tool untuk menambah atau mengganti hurup, jadi jika dalam penulisan text misalnya kurang satu hurup, maka tidak bisa ditambah langsung dengan menggunakan text tool pada layer yang sama, akan tetapi kamu harus membuat ulang atau mengeditnya pada leyer yang baru.

Nah sekarang Foto kamu sudah ada tulisannya.

8. Selanjutnya simpan foto hasil editan kamu. klik menu "File" kemudian pilih "Save as" agar tidak menghapus foto yang aslinya. lalu beri pada kotak nama, dan pada kotak dibawahnya gantikan extensi "Photoshop" atau "Psd" dengan extensi JPEG dengan mengklik tanda disebelah kanan kotak isian.

Selesai sudah cara membuat tulisan pada Foto. semoga bermanfaat, selamat mencoba dan selamat berkreasi dengan foto-foto kamu.

7 komentar:

Silahkan tuliskan komentar anda...!!