Buat blog mu selalu eksis

     Blog kamu adalah gudang pengetahuanmu yang kamu sumbangkan kepada publik. Artikel yang kita tuliskan, semuanya diharapkan dapat berguna buat para pembaca sampai kapan pun selamanya.
Nah untuk mencapai tarap selamanya dapat dikunjungi pengunjung, hal nomor wahid yang harus diperhatikan adalah alamat blog anda.

     Kebanyakan para blogger mengubah alamat blognya, misal menjadi berakhiran com, net, org dan yang gratisan seperti co.cc, co.tv dan lain sebagainya.
     Gak ada salahnya kita mengubah alamat menjadi demikian, karena itu adalah hak dan kebutuhan kita masing-masing.
Tapi mari kita pikirkan dulu sejenak resikonya.

     Misalkan suatu hari kita merasa bosan dan tidak pernah kembali menuliskan artikel-artikel baru di blog kita. Jika hanya beberapa bulan saja mungkin tidak apa-apa, tapi kalau misalnya kita benar-benar berhenti selamanya? Ya katakan saja misalnya masalah dana buat modem, komputer rusak atau keinginan menghemat ekonomi dengan cara berhenti pergi ke warnet atau bahkan jika seseorang sampai pada waktunya (meninggal).

Jika sudah demikian, misalkan satu tahun kemudian setelah kita berhenti total dari dunia blogging maka artikel kita yang sudah kita persembahkan untuk dunia perlahan-lahan mulai sirna. pengunjung mulai anjlok drastis.
Mengapa demikian? Sebab utamanya yaitu kita diwajibkan untuk mendaftar ulang nama domain kita setiap satu tahun sekali. dan jika tidak di daftar ulangkan, maka artikel kita yang dalam pencarian google berada pada urutan satu lama kelamaan akan mulai menyurut entah keberapa. Ini dikarenakan setiap kali orang mengklik artikel kita di hasil pencarian google akan masuk ke halaman domain yang kita punya karena belum di daftar ulangkan.
Bahkan sekalipun orang lain menuliskan alamat asli blogspot pun tetap saja akan masuk ke halaman domain lagi. kenapa? ini karena begitu orang lain menuliskan alamat asli blog kita, maka otomatis google akan mengalihkan lalulintasnya ke nama domain kita. itu berarti akan masuk ke halaman domain kita lagi.

     Kita berharap blog kita tetap eksis terus menerus selamanya, bahkan mungkin jika kita sudah tiada, kita masih berharap ada kemungkinan suatu hari nanti akan ada cucu dari cicit kita yang masuk mengunjungi blog kita. dan lebih utamanya lagi agar artikel-artikel yang sudah kita tuliskan di dunia maya tetap selalu bermanfaat selamanya buat para pengunjung yang masuk ke blog kita.

     Nah, dari uraian diatas, saya membuat satu solusi sederhana. yaitu sebaiknya gunakanlah selalu alamat blogger pada blog kita. Ini memungkinkan Blog kita akan tetap eksis tanpa harus mendaftar ulangkan nama domain kita. Itullah sebabnya saya mengubah alamat blog saya kembali menggunakan blogspot.com.

     Oya ada resikonya juga lho, jika kita mengubah kembali alamat kita. yaitu akan ada error jika seseorang mengklik artikel kita dalam hasil pencarian google. tapi jika dibandingkan dengan resiko-resiko diatas, masih agak mending dikit. yaitu jika sudah tidak blogging lagi lebih dari satu tahun, blog yang menggunakan alamat blogspot masih bisa dikunjungi orang dengan mengklik alamat kita. tapi yang menggunakan domain akan masuk ke halaman domain karena tidak di daftar ulangkan.

    Namun semua uraian diatas ini hanya merupakan pendapat pribadi saya tanpa ada unsur menjelek-jelekan pilihan berdomain. Dan semuanya tergantung pilihan masing-masing, mau yang mana? Silahkan saja.

5 komentar:

  1. keren nih ...
    thx atas informasinya ^^

    BalasHapus
  2. oke dnk..
    makasih gan ...
    ane gak jadi ah,...

    BalasHapus
  3. thanks infonya,akhirx g jadi ganti domain dech

    BalasHapus
  4. thanks infonya,akhirx g jadi ganti domain dech

    BalasHapus

Silahkan tuliskan komentar anda...!!