Jika Blog Dibajak, Siap-siaplah Terkenal

Bandung – Masalah pembajakan masih menghantui blogger. Namun anda patut bangga jika karya anda diblog di copy paste oleh orang lain. Semakin dibajak blog anda maka semakin terkenal blog tersebut.
"Jangan takut dicuri. Tapi kalau kita takut dicuri jangan ditaruh di blog. Taruh di lemari. Karena dengan dibajak, secara tidak langsung orang yang membajak mempromosikan blog kita," ujar CEO Asian Blogging Network Budi Putra di ComLabs ITB usai talkshow yang digelar oleh Bandung Blog Village, Senin (19/1/2009) sore.
Menurut Budi, blogger tidak akan bisa mencegah copy paste karyanya oleh orang lain. Karenanya saat ini model copyright sudah tidak efektif lagi.
"Susah. Karena susah, ya sudah bebaskan saja. Saat ini yang dipakai adalah creative command lisence. Artinya anda boleh pakai tapi sebutkan sumbernya," papar pria yang meninggalkan profesi wartawannya untuk menjadi full time blogger ini.
Senada dengan Budi, Vice President Publisher Detikcom Donny BU juga mengaku cara-cara legalisasi karya tidak cukup efektif. Menurutnya selain waktu untuk mengurus hak cipta dan hak paten juga biaya yang dikeluarkan cukup besar.
"Terlalu lama. Jika kita mengajukan hak cipta dan hak paten, prosesnya selama 11 bulan. Nah, kalau ditengah proses ada yang mengajukan hal yang sama, ini bisa lebih lama lagi. Ada proses hearing dan segala macam," katanya.
Pengalaman dibajak rupanya juga dialamai oleh Jonru, pendiri penulislepas.com. Namun bukanya dirugikan, Jonru malah diuntungkan setelah karyanya dibajak orang.
"Karena dibajak, saya diakui sebagai penulis internasional. Intinya orang membajak tulisan kita karena tulisan kita dianggap bagus. Resiko dibajak tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan dampak positifnya yang besar," katanya.
Jadi, semakin dibajak blog anda maka siap-siap untuk terkenal.


sumber:
detikBandung


Dicopy dari:
http://bbv.or.id

1 komentar:

Silahkan tuliskan komentar anda...!!